Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 6
Pengunjung Bulan ini : 61
Total Pengunjung : 133

Produk Unggulan

TEKTEKAN


     Tradisi tektekan di wilayah desa Pekraman Kediri merupakan warisan turun temurun. Bahkan sampai saat ini tidak tercatat tentang sejarah kemunculannya. Namun konon, para tetua pernah menceritakan jika sebelumnya tradisi ini muncul bersamaan dari gerubug atau wabah yang terjadi di Kediri.

     Karena merasa khawatir akan musibah yang terjadi saat itu, para tokoh masyarakat dan pemangku, sepakat untuk memohon petunjuk dengan melakukan persembahyangan di Pura Puseh yang ada di desa pekraman setempat. Saat itulah mereka mendapatkan petunjuk jika wabah tersebut bisa dihilangkan hanya dengan cara bunyi-bunyian. Dan atas petunjuk itulah, warga Kediri selama beberapa hari turun keliling desa dengan melakukan tektekan.

     Hingga akhirnya terbukti segala wabah yang menyerang desa pekraman menghilang. Dan sejak saat itulah tradisi tektekan memiliki fungsi niskala untuk mengatasi nangkluk merana. Dan pelaksanaannya tidak bisa diprediksi karena tergantung ada atau tidaknya wabah di desa tersebut.

     Namun seiring perkembangan jaman, atau tepatnya mulai tahun 2014 tradisi tektekan mulai berfungsi menjadi sebuah seni hiburan dalam bentuk seni tabuh. Bahkan desa setempat sepakat menggelar tradisi ini sebagai atraksi tahunan tepatnya saat umat Hindu akan merayakan hari raya Nyepi.

 


Share :